Samsung percaya wearable lebih dibutuhkan dunia bisnis daripada smartphone


Di masa lalu, smartphone dipandang sebagai produk berorientasi konsumen, dan perusahaan memberikan perangkat mobile B2B (business-to-business) buat karyawan mereka untuk membantu meningkatkan produktivitas dan efektivitas. Namun, dengan pertumbuhan smartphone dan aplikasi B2B menjadi lebih canggih, perusahaan secara bertahap mengadopsi kebijakan 'bring your own device (BYOD)', mendorong karyawan untuk menggunakan smartphone pribadi mereka sendiri di tempat kerja untuk melakukan fungsi bisnis.

Namun Samsung tidak melihat smartphone akan menjadi tujuan akhir dari pertumbuhan BYOD. Mereka percaya teknologi wearable akan diadopsi lebih cepat di segmen B2B daripada smartphone, karena produk wearable menawarkan sesuatu yang secara bertahun-tahun diinginkan oleh dunia bisnis dari perangkat mobile mereka: akses cepat ke data yang bisa ditindaklanjuti dan fungsi yang lebih besar dari hands-free.

Dalam slide PDF yang baru-baru ini diterbitkan oleh IDG dan Samsung Business dibawah ini, dijelaskan berbagai contoh kasus penggunaan B2B untuk teknologi wearable - dari kemampuan untuk menghubungkan dengan e-mail, kalender dan kontak secara hands-free, hingga aplikasi yang lebih kearah produktivitas dengan tujuan untuk pelatihan, kolaborasi dan notifikasi real-time.

Permintaan untuk teknologi tersebut telah berkembang. Dalam sebuah survei PwC baru-baru ini, 77% dari responden melihat manfaat dalam perangkat wearable untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas di tempat kerja; dan 70% dari peserta sepenuhnya berharap kepada bos mereka untuk mengizinkan penggunaan teknologi wearable di tempat kerja.

Bagaimana Samsung akan memenuhi permintaan ini?

Menurut survei terbaru IDC ConsumerScape 360, Samsung Electronics adalah salah satu merek wearable yang paling terpercaya di pasar. Melalui peluncuran perangkat wearable seperti Gear S, Gear Circle, Gear 2, Gear Fit dan Gear VR, Samsung secara aktif telah bekerja untuk mewujudkan janji teknologi wearable di segmen B2B, mengintegrasikan teknologi wearable dengan produk, solusi dan layanan yang ditargetkan untuk kebutuhan pasar vertikal tertentu, termasuk perawatan kesehatan, pendidikan, jasa keuangan, ritel/perhotelan, logistik serta transportasi dan pemerintahan.

Meskipun teknologi wearable masih dalam tahap awal, Samsung telah melihat potensi yang luar biasa. Berikut adalah contoh hipotetis beberapa macam produk dan solusi wearable dari Samsung:
  • Staf hotel bisa menggunakan teknologi wearable secara manual untuk menyesuaikan ruang pintar termostat, dan mengirim daftar atraksi lokal ke jaringan printer. Sementara itu, staf dapur bisa menggunakan perangkat wearable mereka untuk terhubung dengan lemari es pintar dan melihat sekilas persediaan bahan makanan yang tersedia.
  • Guru sekolah bisa menggunakan teknologi wearable untuk menyalakan dan mengendalikan perlengkapan audio visual di kelas atau auditorium dalam jarak jauh, dan memilih konfigurasi pencahayaan yang telah diprogram sebelumnya untuk presentasi. Dengan teknologi seperti kode QR dan augmented reality, teknologi wearable dapat menghadirkan perjalanan ke dimensi baru.
  • Sales person di gerai ritel bisa menggunakan perangkat wearable untuk terhubung dan mengontrol signage digital, memungkinkan mereka untuk segera beralih dan memperbarui tampilan promosi atau menelepon store maps atau gambar dari produk tertentu yang ada di persediaan atas permintaan pelanggan.
  • Perawat dan pengasuh dapat memanfaatkan sensor vital dalam perangkat wearable yang dikenakan oleh pasien, untuk memantau kondisi penting pasien, perawatan medis, program latihan, lokasi di rumah sakit dan situasi darurat. Pasien juga dapat diberitahu melalui pesan tentang kapan dokter sedang dalam perjalanan untuk janji dan check-up.
  • Pekerja Logistik - banyak di antaranya sudah menggunakan perangkat wearable Samsung untuk membantu mereka melakukan inventarisasi, memilah paket, dan memperbarui informasi pengiriman - bisa suatu hari nanti juga menggunakan perangkat wearable untuk membuka pintu yang aman untuk memungkinkan akses untuk pengiriman, berinteraksi dengan sistem penyimpanan/pengambilan otomatis dan menyesuaikan suhu dan aliran udara dalam lingkungan penyimpanan.

Tentu saja ada banyak sekali potensi, aplikasi menjanjikan dari teknologi wearable di segmen B2B. Contoh di atas hanyalah puncak dari gunung es. Dengan membawa teknologi wearable ke dalam segmen B2B, Samsung berharap bisa memperkenalkan generasi baru dari produk, layanan dan solusi B2B yang akan membawa produktivitas dan efisiensi untuk tingkat yang lebih baru.




Via Samsung Tomorrow

Comments